1.Perancangan Prototype Sistem Pemesanan Makanan dan MinumanMenggunakan Mobile
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah prototipe aplikasi sistem pemesanan makanan hubungan personalisasi dengan pengunjung/pelanggan restoran secara online. Penelitian berbentuk survei dengan metode penelitian research & development (R&D). Untuk perancangan prototipe aplikasi menggunakan model agile dengan metode extreme programming dan pemodelan sistemnya menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem aplikasi ini memiliki 3 interface utama yaitu, interface bagian pelayan (waitress), intreface dapur (chef) dan interface kasir (cashier). Ketiga modul ini saling berhubungan melalui proses integrasi database. Model perancangan arsitekturnya mendeskripsikan perangkat lunak disisi web server dan dan komputer client. Dalam pembuatan web server menggunakan perangkat apache, script PHPdengan dukungan database MySQL.
Kata  Kunci:   Aplikasi Pemesanan, Makanan  dan Minuman,  Extreme Programming, Mobile devices

Kesimpulan :
Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan prototipe sistem pemesanan makanan dan minuman menggunakan mobile devices hanya terdiri dari 3 interface yaitu interface pelayanan, interface dapur dan interface kasir. Sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman menggunakan mobile devices ini dirancang dengan menggunakan bahasa PHP dan database MySQL. Sistem ini memiliki model arsitektur dengan fokus kepada kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs web terkait dengan World Wide Web. Model arsitektur ini mendeskripsikan rancangan dari perangkat lunak disisi web server dan komputer client. We
  1. Penerapan Model Waterfall Pada Program Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Online Pada Smp Islam Abaabiyl Tanggerang
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting dalam meningkatkan taraf kehidupan bangsa dan negara, serta merupakan salah satu tolak ukur kemajuan dari suatu bangsa. SMP Islam Abaabiyl merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta di Tangerang yang menyelenggarakan pendidikan tingkat sekolah menengah pertama. Namun dalam layanan akademik disekolah tersebut masih dilakukan secara manual diantaranya pengolahan nilai siswa yaitu dengan cara masing-masing guru mata pelajaran menulis nilai siswa kedalam suatu lembaran kertas atau raport. Selain itu, tingkat masalah yang ditimbulkan sistem ini sangat banyak. Diantaranya adalah data-data nilai siswa hilang, raport basah akibat keteledoran sebagian siswa dan faktor alam lainnya yang menyebabkan raport rusak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menunjang penelitian ini, antara lain: observasi, wawancara dan studi pustaka dengan menggunakan model Waterfall dalam pengembangan programnya. Tujuan penelitian ini adalah merancang program aplikasi berbasis online untuk mempermudah sekolah dalam memproses nilai ujian siswa, agar semakin optimal dalam membantu kinerja para guru disekolah. Kata Kunci: Program Aplikasi, Waterfall, Pengolahan nilai, SMP.


Kesimpulan :
Pembuatan aplikasi berupa program pengolahan nilai siswa diharapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi seputar pengolahan nilai di SMP Islam Abaabiyl. 2. Dengan hadirnya program aplikasi pengolahan nilai siswa ini proses pengolahan nilai akan semakin cepat dan efisien karena walikelas hanya perlu menginput nilai siswa dan secara otomatis. 3. Sistem akan memprosesnya menjadi sebuah laporan nilai siswa atau raport. Program aplikasi pengolahan nilai siswa ini merupakan aplikasi berbasis client server dalam sebuah jaringan intranet dimana pengolahan data dilakukan secara terpusat sehingga dapat mengelola database tersebut menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna.

  1. Penerapan Metode Icremental Dalam Membangun Aplikasi Use Case Point Pada Perusahaan DTS
Abstract
Dynamic Team Solution(DTS) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pembuatan aplikasi berbasis project. Dalam menentukan harga proyek pembuatan aplikasi, tim pengembang melakukan perkiraan nilai harga dari pembangunan aplikasi. Selama proses estimasi, tim pengembang sering menemui beberapa permasalahan. Oleh karena itu, aplikasi Use Case Point sangat dibutuhkan untuk melakukan estimasi harga perangkat lunak berdasarkan metode Use Case Point(UCP). Metode pengembangan perangkat lunak untuk membuat aplikasi Use Case Point adalah metode incremental model. Hasil dari penelitihan ini berupa Aplikasi Use Case Point melalui 3 kali increment. Increment pertama ditambahkan fitur estimasi usaha. Increment kedua ditambahkan fitur biaya, increment ketiga ditambahkan fitur-fitur untuk melakukan kalibrasi perhitungan estimasi. Pengujian terhadap aplikasi dilakukan disetiap increment yang ad dengan menggunakan metode pengujian blackbox testing/correctness testing, useablity testing , dan portability testing, dan security testing. Keluaran dari penelitian ini yaitu berupa Aplikasi Use Case Point, dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL),Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL), dokumen pengujian, dan dokumen panduan.
Kesimpulan :
Metode pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak UCP yaitu dengan metode incremental dengan tiga kali increment. Tahap increment pertama menghasilkan aplikasi UCP yang bisa melakukan estimasi usaha dengan menggunakan metode UCP Pada tahap increment kedua, aplikasi hasil dari increment pertama ditambahkan fitur baru sesuai dengan proses bisnis penentuan harga yang ada di perushaan DTS diantaranya yaitu: fitur menghasilkan nilai biaya, dokumen penawaran, notifikasi e-mail, dan pengeloaan apliaksi UCP seperti pengeloaan pengguna, profesi, dan lain-lain.Pada tahap increment ketiga, aplikasi dari hasil increment kedua ditambahkan beberapa fitur,baik itu fitur fungsional dan fitur non-fungsional. Fitur fungsional diantaranya ditambahkan fitur biaya operasional, fitur informasi client apliaksi, fitur nilai ER yang dinamis, dan lain- lain. Tahapan Implementasi aplikasi UCP menghasilkan aplikasi UCP berbasis web yang sudah diuji dengan menggunakan metode pengujian blackbox testing/correctness testing untuk pengujian use case, useablity testing untuk pengujian antarmuka, dan portability testing untuk pengujian felibilitas aplikasi dalam device atau browser , dan security testing untuk menguji keamanan web. Terdapat beberapa perbaikan dari hasil pengujian, baik itu hasil pengujian untuk kebutuhan fungsional